Senin, 14 Juni 2010

Green Tambah Panjang Daftar Blunder Kiper Inggris

Penjaga gawang Inggris, Robert Green, menendang bola yang dipungut dari dalam gawangnya. Gol ini tercipta karena dia melakukan blunder, sehingga AS bisa mencetak gol balasan.

JOHANNESBURG, — Robert Green menambah panjang daftar blunder yang dilakukan para penjaga gawang Inggris ketika dia "memberi hadiah" sebuah gol bagi Amerika Serikat di laga perdana penyisihan Grup C Piala Dunia 2010, Minggu (13/6/2010). Pada menit ke-40, Green tidak sempurna menahan tendangan Clint Dempsey dari luar kotak penalti sehingga si kulit bundar yang bergerak liar, melewati garis gawang.

Dengan kejadian tersebut, kiper Inggris terus mempertahankan tradisi blunder sejak David Seaman melakukannya pada Piala Dunia 2002, dilanjutkan dengan tindakan ceroboh Scott Carson di kualifikasi Piala Eropa 2008, serta beberapa kesalahan David "Calamity (bencana)" James.

Memang, hampir di setiap turnamen, Inggris kesulitan menemukan penjaga gawang terbaik. Kalaupun ada, "kutukan" blunder itu belum bisa dihilangkan karena masih sering terjadi.

Lihat saja apa yang terjadi pada diri Seaman, yang dikatakan sebagai salah satu penjaga gawang terbaik. Di Piala Dunia 2002, dia tidak bisa mengantisipasi tendangan spekulasi Ronaldinho dari sisi kiri pertahanan sehingga bola langsung menjebol gawangnya tanpa disentuh oleh siapa pun. Akibatnya, Inggris tersingkir di perempat final karena kalah 1-2.

Kemudian, giliran James yang melakukan blunder pada kualifikasi Piala Dunia 2004 karena tak bisa menahan bola tendangan jarak jauh pemain Austria, Andreas Ivanschitz. Si kulit bundar bisa lolos melewati badannya sehingga skor pun menjadi imbang 2-2. Padahal, Inggris sudah memimpin 2-0.

Catatan blunder itu bertambah panjang lagi ketika Paul Robinson pun mengalaminya pada kualifikasi Piala Eropa 2008 saat melawan Kroasia. Bola backpass dari bek Gary Neville menyentuh sebuah lubang dan berubah arah sehingga lewat di antara kedua kakinya dan masuk ke gawang.

Sementara itu, Carson membuat blunder yang memalukan di stadion kebanggaan orang Inggris, Wembley. Masih dalam ajang kualifikasi Piala Eropa 2008 dengan lawan yang sama, Carson tidak bisa mengantisipasi bola tembakan pelan dari Niko Kranjcar sehingga gawangnya kebobolan. Alhasil, Inggris pun kalah 2-3 dan tertutuplah harapan mereka untuk bermain di putaran final Piala Eropa 2008.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar