Sabtu, 26 Juni 2010

Cole Siap Adu Penalti

Pemain Inggris, Joe Cole.

BLOEMFONTEIN, - Winger Inggris Joe Cole mengaku siap jika ia ditunjuk Fabio Capello sebagai algojo penalti "The Three Lions" melawan Jerman, 27 Juni mendatang. Cole tak takut dan ia yakin bisa mengeksekusi tendangan tersebut dengan sempurna.

Dalam adu penalti, faktor mental memiliki pengaruh terbesar ketimbang faktor teknis. Tekanan akan datang dari seisi stadion yang menuntut tembakan si algojo harus masuk. Inilah yang selama ini menjadi kelemahan Inggris.

Pada dua turnamen terakhir, yakni Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2004, "Tiga Singa" selalu kalah adu penalti. Wayne Rooney dan kawan-kawan bahkan dianggap memiliki kutukan jika menyangkut tendangan 11 meter tersebut.

Di Piala Dunia kali ini, Inggris memiliki beberapa algojo penalti yang andal seperti Rooney, Frank Lampard, Steven Gerarrd, Gareth Barry dan James Milner. Namun, jika Capello tiba-tiba meminta Cole untuk menggantikan salah satu dari mereka, pemain berusia 28 tahun itu takkan mundur.

"Aku tak pernah mengambil penalti. Ketika aku di West Ham United, Paolo Di Canio yang mengambilnya. Frank Lampard yang melakukannya di Chelsea dan David Beckham yang mengambilnya untuk Inggris. Tapi itu tak berarti aku tak berani mengambilnya," kata Cole.

"Butuh keberanian untuk mengambil tendangan itu. Aku berharap tak ada kejutan dan pilihan akan jatuh kepada Gerrard, Lampard dan Rooney, tapi bila pelatih memintaku, aku akan siap," kata Cole.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar